KUNJUNGI WEBSITE SDIT AL MA'RUF >>>>> http://sditalmarufsby.sch.id

Jumat, 04 Mei 2012

NUANSA AL QUR'AN

Al Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang digunakan sebagai sumber hukum sekaligus tuntunan, pedoman, dan pegangan hidup seluruh umat Islam. Al Qur'an merupakan petunjuk dan penyelamat kita di dunia maupun di akhirat. Ayat-ayat suci yang terdapat di dalam Al Qur'an bagaikan puisi-puisi terindah sepanjang masa.


Membaca Al Qur'an merupakan salah satu ibadah yang wajib bagi umat Islam. Umat Islam yang senantiasa membaca Al Qur'an ikhlas karena Allah swt maka Allah swt akan melimpahkan rahmat dan ridho-Nya, sehingga ia selalu berada di dalam lindungan Allah swt. Al Qur'an, memang sebuah petunjuk yang menuntun umat Islam dan menjadi cahaya kehidupan. Selain itu, membaca Al Qur'an mampu membuat hati seseorang menjadi lebih tenang, karena Al Qur'an merupakan obat penawar segala macam penyakit, baik rohani maupun jasmani pada diri manusia. 



Seperti dalam firman Allah swt dalam surat Yunus ayat 57 yang berbunyi: “Wahai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhan-mu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Yunus:57).


Oleh karena itu  sangatlah penting sekali membiasakan membaca Al Qur'an sejak dini. Bila sudah ditanamkan sejak kecil, Insya Allah akan terus menjadi kebiasaan hingga anak beranjak dewasa dan seterusnya.


Salah satu upaya pembiasaan ini diterapkan oleh sekolah SDIT Al-Ma’ruf. Sebagai konsekuensi sekolah berbasis Al-Qur’an, SDIT Al-Ma’ruf mempunyai  satu kegiatan singkat yang semuanya harus mengikutinya, baik siswa, para Asatidz ataupun pegawai yang berada di naungan Al-Ma’ruf yang bertemakan Nuansa Al-Qur’an yang dilaksanakan di Masjid Al-Ma’ruf. Berikut ini  beberapa dokumentasi tentang kegiatan Nuansa Al-Qur’an SDIT Al-Ma’ruf.


Ust Abdullah Baihaqi
 
Oleh Ust Abdullah Baihaqi
Pengajar Tahfid Al Quran  SDIT Al Ma’ruf